Rabu, 18 Juli 2012


Es Krim Bisa Sembuhkan Batuk



            

                 Es krim merupakan makanan yang disukai anak – anak. Tapi orang tua sering resah kalau anaknya makan es krim terlalu banyak. Mereka cemas bila makan es krim kebanyakan akan membuat anaknya terserang flu atau batuk. Namun penelitian Rilnia Metha Sofia Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, membuktikan es krim coklat justru bisa menjadi obat batuk.

                Pada presentasinya di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNas) 25 yang diadakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Rilna mengungkapkan es krim yang dibuat dari bahan coklat ternyata mengandung tobromin yang dapat menekan refleks batuk. Dan juga menurut dia suhu dingin pada es krim  dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah lokal tanpa menyebabkan cedera pada sel yang dapat meredakan batuk.

                Penelitian  ini didukung juga dengan sampel yang terdiri dari 30 orang laki-laki, mereka dibagi menjadi 5 kelompok dan diberi perilaku yang beda-beda. Satu kelompok di beri zat dalam obat batuk Dextrometorphan, sedangkan kelompok lain diberi krim coklat, dan es krim coklat, hingga masing-masing kelompok ketauan efek yang terjadi.

                Ternyata, efek mengkonsumsi es krim sama dengan efek mengkonsumsi pil Dextromentorphan. Jadi, bagi para orang tua jangan takut lagi bila anak – anaknya  mengkonsumsi es krim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar