Rabu, 18 Juli 2012



 



                Bulan puasa sudah sebentar lagi.  Bagi para muslim sudah menjadi kewajiban untuk  melaksanakannya. tapi bagaimana caranya supaya walaupun sedang berpuasa, tapi stamina dan energy tetap terjaga sehingga tidak mengganggu aktifitas kita? Salah satunya adalah dengan mengatur pola makan kita. faktor gizi dan nutrisi sebagai asupan tubuh sangat penting dan perlu diperhatikan.

            Menu makanan sehat yang sangat dianjurkan di bulan puasa yaitu menu makanan yang alami seperti buah dan sayur dan mengurangi menu makanan yang diproses. Buah – buahan sangat baik untuk dikonsumsi saat puasa. Dengan meneguk segelas jus buah saat berbuka puasa dapat meningkatkan kadar gula, sehingga tubuh kembali bertenaga.

            Ada banyak buah-buahan yang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi orang yang berpuasa, diantaranya yaitu kurma ,merupakan makanan paling kaya kandungan glukosanya, sehingga dengan cepat menyirami dahaga tubuh akan energi. Pepaya,mengandung vitamin C dan provitamin A yang membuat lancar saluran pencernaan makanan. Pisang, mengandung vitamin A,B1,B2, dan C yang dapat membantu mengurangi asam lambung. Mangga , mengandung vitamin A, E, dan C yang dapat membersihkan darah. Apel , membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengatasi masalah nafsu makan yang terlalu besar.  dan berbagai buah lainnya.

            Pada saat berpuasa sebaiknya menghindari makanan bersantan, gula, juga berlemak tinggi karena akan memicu gejala mag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar