Sabtu, 21 Juli 2012

Makanan Peningkat Mood




         
Bagi kita – kita yang mahasiswa, pasti tugas merupakan suatu yang akrab dengan keseharian kita. baik tugas dari dosen atau tugas – tugas dari organisasi yang kita ikuti. Apa jadinya bila deadline udah didepan mata tapi mood malah lagi buruk – buruknya?.  Pastinya tugas gak akan selesai dan bisa – bisa kita terserang sama yang namanya “stres”. Tapi, makanan ternyata berpengaruh pada mood kita. nah, makanan apa aja yang bisa bikin mood kita jadi enak. Ini dia seperti yang saya kutip pada kompas. com.
          Tips makanan untuk meningkatkan mood :
·         Makanan karbohidrat yang sehat
Karbohidrat mengandung triptopan yaitu asam amino nonesensial yang dilepaskan setelah karbohidrat diasup. Senyawa ini akan memasuki otak dan melepaskan serotonin yang memiliki efek menenangkan. Untuk menjaga asupan karbohidrat agar tidak berlebihan, konsumsilah karbohidrat kompleks, selain permen dan kue

·         Sumber asam lemak omega – 3
Asam lemak tak jenuh ganda omega – 3 dapat membantu mencegah depresi dan juga bisa melindungi jantung. Sumber asam lemak omega – 3 ini ditemukan dalam ikan, biji rami, dan kenari.

·         Makanan yang kaya akan selenium
Sebuah penelitian oleh Texas Tech University telah menyarankan bahwa suplementasi selenium membantu pengobatan depresi. Dalam penelitian yang sama, asupan selenium yang sedikit dikaitkan dengan suasanan hati yang buruk. Makanan yang kaya akan selenium antara lain kacang – kacangan dan biji – bijian, daging tanpa lemak, makanan laut, biji – bijian, dan produk susu rendah lemak

·         Rendah Kafein
Kafein memang membantu menjaga Anda pada malam hari, tetapi jelas mengubah mood Anda di hari berikutnya. Individu yang sensitif terhadap kafein bisa mengalami depresi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar